Apple mengejutkan dengan MacBook Pro baru dengan chip M1 Pro dan Max

Secara historis, acara Apple pada bulan Oktober biasanya diperuntukkan bagi perusahaan untuk mengumumkan berita terkait Mac dan kali ini tradisi tersebut telah terpenuhi. Selain itu, orang-orang dari Cupertino ingin mengejutkan dan mereka melakukannya. Itu MacBook Pro 14-inci dan 16-inci baru Mereka adalah apa yang banyak dari kita sedang menunggu; khususnya di bidang profesional.

Kekuasaan, konektivitas dan otonomi. Tidak diragukan lagi, ketiga karakteristik ini secara sempurna mendefinisikan Apple MacBook Pro baru yang tandai sebelum dan sesudah dalam hal laptop untuk lingkungan profesional atau rumah yang membutuhkan fitur ini.

MacBook Pro Baru

 

Takik datang ke Mac

Takik telah menjadi ciri khas iPhone dan sekarang tampaknya hal yang sama akan terjadi dengan Mac, untuk saat ini hanya dengan kisaran MacBook Pro.

Terlepas dari keluhan pengguna yang tak terhitung jumlahnya, MacBook Pro 14-inci dan 16-inci yang baru mereka memiliki takik di bagian tengah atas layar. Tab yang “menyelinap” ke layar ini diperlukan untuk menampung kamera FaceTime 1080p, akhirnya, bahwa perusahaan telah terintegrasi ke dalam laptop di mana ia juga telah mengurangi bingkai untuk meninggalkan lebih banyak ruang layar. Kabar buruknya adalah, terlepas dari takiknya, FaceID tidak tersedia dan untuk saat ini kami melanjutkan dengan Touch ID.

Takik di MacBook Pro baru

 

Ini adalah satu-satunya berita buruk yang akan Anda temukan ketika Anda membuka layar MacBook Pro. Memamerkan nama belakangnya, MacBook ini dipasang Layar Liquid Retina XDR dengan teknologi MiniLED. Ini berarti peningkatan yang signifikan dalam hal kontras, kecerahan, dan juga menawarkan warna hitam yang jauh lebih gelap daripada pendahulunya. Selain itu, teknologi tidak bisa dilewatkan Gerak Adaptif yang memungkinkan layar mencapai 120 Hz bila diperlukan dan mengurangi kecepatan refresh dalam tugas lain untuk mengoptimalkan konsumsi energi. Setidaknya di atas kertas, layar yang akan menyenangkan untuk dikerjakan dan akan banyak kita lewatkan ketika harus menggunakan komputer yang berbeda.

3024 x 1964 (254 piksel per inci) adalah resolusi model 14 inci, sedangkan 16 inci mencapai 3456 x 2234 (kerapatan piksel yang sama dengan model lainnya).

Dan jika layar terintegrasi tidak cukup untuk Anda, Anda harus tahu bahwa model 14 inci mendukung hingga dua monitor eksternal dengan resolusi 6k pada 60 Hz yang kompatibel dengan lebih dari satu miliar warna dan dalam kasus tiga monitor eksternal 16 inci. monitor dengan resolusi 6K dan monitor lain dengan resolusi hingga 4K pada 60 Hz juga mendukung lebih dari satu miliar warna.

M1 Pro dan M1 Max, kekuatan untuk semuanya

Ketika Apple memperkenalkan chip M1, itu mengejutkan semua orang. Tidak ada yang menyangka bahwa chip komputer pertamanya yang berbasis arsitektur ARM dapat bersaing secara setara dengan prosesor Intel atau AMD. Tetapi kenyataan terkadang melampaui fiksi dan bukan karena ia dapat bersaing, tetapi dalam banyak aspek ia melampaui para pesaingnya dan dengan jarak yang sangat jauh.

Sekarang perusahaan telah mempresentasikan dua evolusi chip ini dan jika angka yang diumumkannya benar, saya yakin prosesor baru ini akan memberikan banyak hal untuk dibicarakan dalam beberapa bulan mendatang dan akan menjadi saingan yang harus dikalahkan untuk seluruh industri.

Chip Apple M1 Pro dan M1 Max Baru

 

M1 Pro dan M1 Max adalah nama chip 5nm Apple Silicon baru yang dikembangkan oleh perusahaan itu sendiri. Data resmi berbicara tentang karakteristik berikut:

M1Pro:

  • Bandwidth memori hingga 200 GB/s.
  • CPU 10-core: 8 kinerja tinggi dan 2 efisiensi tinggi.
  • Memori terpadu hingga 32 GB.
  • 16 inti GPU.

Karakteristik teknis ini mengandaikan, selalu menurut data Apple, peningkatan kinerja 70% dibandingkan dengan M1. Angka yang mengesankan mengingat apa yang dicapai oleh chip yang disebutkan di atas yang ada di iMac, MacBook Air, dan MacBook Pro 13 inci.

M1Maks:

  • Bandwidth memori hingga 400 GB/s.
  • CPU 10-core: 8 kinerja tinggi dan 2 efisiensi tinggi.
  • Memori terpadu hingga 64 GB.
  • 32 inti GPU.

Jika versi Pro dari M1 mengejutkan, versi Max melakukannya bahkan lebih dengan menjanjikan a kinerja setara dengan dua kali lipat dari chip M1. Artinya, binatang buas yang memungkinkan untuk melakukan tugas terberat di laptop dengan cara yang efisien, cepat, dan dengan konsumsi energi minimal, seperti yang dapat Anda lihat di bagian otonomi komputer.

Kembalikan port yang telah hilang

Ini adalah sesuatu yang mengejutkan kami mengingat Apple telah membuat peralatannya semakin tipis dan dengan lebih sedikit port. MacBook Pro baru lebih tebal dari generasi sebelumnya dan juga “menghidupkan kembali” port yang telah ditinggalkan perusahaan beberapa tahun yang lalu, khususnya pada tahun 2016 ketika MacBook Pro dengan Touch Bar diperkenalkan dan hanya memiliki port USB-C dan minijack 3,5 inci. penyambung.

Port baru di MacBook Pro 2021

 

MacBook Pro 14-inci dan 16-inci generasi baru ini menghadirkan kembali Port MagSafe, HDMI, dan slot kartu SDXC yang akan diterima dengan sangat baik oleh fotografer, editor video dan sejenisnya. Tentu saja, Apple tidak lupa Thunderbolt 4 dengan konektor USB-Ckarena mencakup 3 di kedua model peralatan yang kompatibel dengan: pengisian daya, DisplayPort, Thunderbolt 4 (hingga 40 Gb/dtk) dan USB 4 (hingga 40 Gb/dtk).

Selain itu, Apple telah memanfaatkan pembaruan ini untuk mengucapkan selamat tinggal pada fitur yang tidak terlalu meyakinkan: Touch Bar. Fitur yang secara teori tampak seperti ide bagus telah dilupakan hingga laptop generasi baru ini benar-benar menghilangkannya. . . Sebuah istirahat siklus lengkap.

Sebagian karena kembalinya semua port ini, dan tentu saja sangat sempit karena kedatangan HDMI, dan di sisi lain karena membutuhkan pendinginan yang lebih baik, Apple harus “menggemukkan” peralatan baru dan mengucapkan selamat tinggal untuk membuat komputer menjadi lebih tipis. ; setidaknya dalam kisaran Pro ini.

Tentu saja, laptop baru ini tidak kekurangan dalam hal konektivitas nirkabel dan menawarkan standar pasar terbaru: WiFi 802.11ax (generasi ke-6) dan Bluetooth 5.0.

Otonomi, salah satu aset terbaik dari laptop ini

Di bagian chip M1 Pro dan M1 Max, saya berbicara tentang fakta bahwa mereka memiliki konsumsi energi minimum dan contoh yang baik dari ini adalah otonomi yang ditawarkan oleh peralatan baru ini.

Peningkatan otonomi MacBook Pro

 

Menurut Apple, MacBook Pro 14 inci memiliki otonomi hingga 17 jam dalam pemutaran video, sementara model 16-inci membawa angka ini sampai 9:00 malam.. Tanpa ragu, otonomi yang sangat mengejutkan mengingat kekuatan peralatan ini, meskipun tentu saja masih perlu menunggu dan pengujian dapat dilakukan dalam penggunaan nyata untuk melihat seberapa jauh masa pakai baterai peralatan mencapai dalam situasi nyata seperti mengedit video. , rendering 3D dan sejenisnya.

Yang perlu diperhatikan adalah Apple menjanjikan itu kekuatan prosesor tidak akan bervariasi tergantung pada apakah komputer terhubung ke jaringan listrik atau menggunakan baterai. Ini cukup umum di laptop berdaya tinggi, tetapi tampaknya konsumsi daya yang rendah dari chip Apple memungkinkan untuk mencapai kinerja maksimum juga dengan baterai yang terintegrasi ke dalam peralatan.

Peningkatan suara dan keyboard baru tanpa TouchBar

Apple telah lama memberikan banyak perhatian pada bagian suara dan dengan MacBook Pro 14-inci dan 16-inci yang baru, ini tidak boleh kurang.

Perusahaan telah mengintegrasikan sistem yang terdiri dari: 6 speaker fidelitas tinggi dengan woofer yang membatalkan paksa untuk mencapai kualitas audio terbaik. Juga, mereka adalah kompatibel dengan audio spasial dengan memutar konten yang kompatibel dengan Dolbe Atmos langsung dari speaker internal.

Di bagian mikrofon terintegrasi, kami menemukan tiga unit berkualitas studio dengan rasio signal-to-noise yang tinggi dan teknologi beamforming terarah.

Keyboard baru MacBook Pro akhir 2021

 

Keyboard juga menerima fitur baru dan mengucapkan selamat tinggal pada fitur yang telah menyertai MacBook Pro selama beberapa tahun. Spesifik bilah sentuh menghilang untuk mengembalikan tombol fungsi fisik dan tombol on/off fisik dengan Touch ID.

Keyboard memiliki desain baru dengan tombol backlit hitam dan juga latar belakang hitam yang sangat bagus.

Ketersediaan dan harga

MacBook Pro baru sekarang dapat dipesan di Spanyol dan akan tersedia mulai 26 Oktober 2021. Harga konfigurasi dasar adalah sebagai berikut:

  • MacBook Pro 14-inci dengan inti CPU M1 Pro 8 dan 14 inti GPU dengan memori terpadu 16GB dan penyimpanan SSD 512GB: €2.249.
  • MacBook Pro 14 inci dengan M1 Pro 10 inti CPU dan 16 inti GPU dengan memori terpadu 16 GB dan penyimpanan SSD 1 TB: €2,749.
  • MacBook Pro 16 inci dengan M1 Pro 10 inti CPU dan 16 inti GPU dengan memori terpadu 16 GB dan penyimpanan SSD 512 GB: €2,749.
  • MacBook Pro 16 inci dengan M1 Pro 10 inti CPU dan 16 inti GPU dengan memori terpadu 16 GB dan penyimpanan SSD 1 TB: €2.979.
  • MacBook Pro 16 inci dengan inti CPU M1 Max 10 dan inti GPU 32 dengan memori terpadu 32 GB dan penyimpanan SSD 1 TB: €3,849.

Tentu saja, ada juga opsi konfigurasi yang berbeda yang memungkinkan memori terpadu mencapai hingga 32 GB untuk M1 Pro atau 64 GB untuk M1 Max atau penyimpanan hingga 8 TB, melalui opsi 1, 2 dan 4 TB.

Apakah Anda sudah tahu saluran Telegram kami? Bergabunglah dengan mengklik di sini dan terima konten TodoAppleBlog langsung di ponsel Anda.