Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah dasar dari semua pembiayaan kesehatan warga. Hingga saat ini, banyak kategori dan penerima manfaat yang telah merasakan manfaatnya. Untuk semua jenis BPJS Kesehatan mandiri, Anda harus membayar biaya berlangganan berulang.

Untuk itu, ada proses yang memungkinkan konfirmasi dan pembayaran melalui berbagai media. Oleh karena itu, pembayaran yang lebih akurat dan tepat waktu merupakan syarat penting dan perlu bagi tersedianya layanan BPJS.

Beberapa platform online dan offline sudah menawarkan metode pembayaran invoice. Selanjutnya dari proses pengecekan jumlah invoice dan status BPJS aktif, kita membutuhkan beberapa proses dan tahapan yang sangat sederhana.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lebih Mudah

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan pembayaran triwulanan secara teratur. Selain penerima pembayaran, pengguna BPJS harus secara mandiri memeriksa tagihan. Ini secara teknis lebih mudah dengan akses cepat di bawah ini.

1. Mengakses Tagihan BPJS Kesehatan Dari Website Resminya

Langkah pertama untuk melihat semua invoice BPJS saat ini adalah di website resminya. Bahkan dari cara pertama, cara ini paling efektif untuk mendapatkan informasi status real-time dan beberapa akun resmi, sebagai berikut:

  1. Kunjungi website resmi BPJS Kesehatan
  2. Pilih Daftar Klaim.
  3. Jangan bingung proses entri data dengan NIK dll.
  4. Pada prosedur selanjutnya, klik Periksa.
  5. Tunggu hingga proses selesai. Anda bisa mendapatkan faktur yang belum dibayar dan statusnya.

2. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Mesin ATM

Selain mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan, ada cara lain mengunjungi ATM untuk informasi tagihan. Cara ini bisa digunakan untuk ATM BRI, BNI, BCA dan Mandiri.

  1. Langkah pertama adalah memasukkan kartu ATM dan PIN Anda.
  2. Proses selanjutnya memilih daftar transaksi dan daftar pembayaran lainnya.
  3. Pilih dari opsi lain, cari BPJS, dan pilih lagi versi BPJS yang sehat.
  4. Masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan dan periksa kembali apakah sudah benar atau perlu koreksi.
  5. Tunggu beberapa saat hingga informasi pembayaran Anda ditampilkan di layar ATM.

3. Cek Tagihan BPJS Kesehatan via Aplikasi JKN Mobile

Anda sekarang dapat melihat tagihan BPJS kesehatan Anda dari aplikasi seluler JKN. Jadi kemudahan yang dibutuhkan selama ini seolah-olah melihat semua informasi tentang status biaya dan aktif atau tidaknya, seperti terlihat pada prosedur di bawah ini.

  1. Unduh aplikasi seluler JKN.
  2. Proses selanjutnya adalah membuka aplikasi dan memasukkan nomor BPJS.
  3. Setelah mengunjungi halaman aplikasi, buka daftar tagihan dan pilih Hadiah untuk menerima informasi tentang jumlah tagihan bulanan Anda.

4. Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan via Mobile Banking

Proses verifikasi invoice kini dapat diakses melalui Mobile Banking. Jadi sudah jelas dari awal apa yang bisa Anda harapkan di langkah selanjutnya dengan menggunakan BCA Mobile.

  1. Buka BCA mobile app dan pilih menu M-Payment.
  2. Aktifkan opsi BPJS dan pilih menu BPJS Kesehatan untuk melanjutkan.
  3. Klik pada nomor pembayaran yang sudah Anda miliki.
  4. Masukkan juga Nomor JKN KIS BPJS Kesehatan dan klik OK.
  5. Klik Kirim dan tunggu informasi pembayaran Anda muncul di layar ponsel Anda.

5. Cek Tagihan Dari Mobile Customer Service

Proses konfirmasi tagihan BPJS Kesehatan dapat menghubungi Mobility Center saat ini. Cukup meminta informasi untuk menentukan nomor BPJS. Atau, Anda bisa mendapatkannya dari file lain. Akses 1500400 dari Pusat Perawatan.

Dengan banyaknya fasilitas yang tersedia, beberapa langkah dalam mengkaji UU BPJS Kesehatan akan lebih mudah dan pada akhirnya Anda akan menemukan proses pelayanan yang terbaik untuk kebutuhan Anda.